Solusi Kaki Kram Saat Sedang Hamil

BeritaKapan - Bagi Bunda yang sedang hamil biasanya mengalami salah satu masalah kakinya sering kram. Bila  kram kaki bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral penting dalam tubuh seperti kalsium, magnesium atau fosfor. Maka, Anda sangat disarankan untuk menyantap makanan kaya nutrisi seperti pisang, almond, sayuran berdaun hijau, dll. Berikut ini ada solusi untuk mencegah kram kaki saat hamil, seperti dilansir Mag For Women.


© Pixabay

Solusi Kaki Kram Saat Sedang Hamil


1. Berjalan

   Saat hamil, bagi Bunda disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 10 Menit saja. Olahraga sederhana ini dianjurkan untuk wanita yang masih berada dalam trimester pertama, dengan tujuan untuk mengatur aliran darah di kaki. Jangan berdiri untuk waktu yang cukup lama, karena hal itu akan semakin memperparah kram kaki Anda. Namun, jika dokter tidak menyarankan Anda melakukan ini, jangan paksakan tubuh Anda untuk melakukannya.

2. Jangan duduk bersila

   Duduk bersila dapat menghalangi dan meminimalkan aliran darah di kaki. Saat istirahat di tempat tidur atau berbaring, cobalah untuk sering-sering menggoyangkan jari-jari kaki Anda untuk meningkatkan sirkulasi di daerah tersebut.

3. Pilihlah posisi yang tepat!

    Cobalah untuk tetap menjaga posisi kaki Anda sedikit lebih tinggi dibanding bagian tubuh yang lain.

4. Kompres

    Anda bisa menggunakan air hangat yang diisi dalam botol atau pad panas dan menaruhnya di kaki untuk mengurangi ketegangan di daerah tersebut. Lakukan praktik ini sebelum tidur.

Jangan Lupa Share Ya