Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

  BeritaKapan - Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan . Indonesia memiliki sebutan beragam untuk mengkudu ini. Diantaranya Pace, Kemudu, Kudu (Jawa); Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali) dan masih banyak lagi. Buah mengkudu yang masih mentah biasanya digunakan untuk campuran rujak. Sementaranya buah yang masak digunakan untuk pengobatan.  



   Buah mengkudu sering juga disebut sebagai buah noni. Meskipun tidak banyak yang menyukai buah satu ini, ia memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya itu saja, buah mengkudu yang banyak ditemukan di daerah tropis ini memiliki rasa khas. Mengingat begitu banyak manfaatnya untuk tubuh, tidak heran jika buah mengkudu sering digunakan sebagai jamu. Dilansir dari healthiersteps.com, inilah rahasia manfaat ampuh buah mengkudu.


   Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional disertai dengan contoh resep dan penggunaannya.

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan


Mengatasi Hipertensi
Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.

Menyembuhkan Batuk
Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Obat Sakit Perut
Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut. Jika Anda atau keluarga terkena sakit perut, ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.


Mengobati Sakit Kuning

Bahan yang diperlukan adalah 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Demam, Masuk angin dan infuenza

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

Mengatasi kulit bersisik
Buah mengkudu yang sudah masak di pohon memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk kecantikan, buah mengkudu bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.


Meredakan Nyeri


  Kandungan nutrisi pada buah mengkudu disinyalir mampu menjadi obat yang baik untuk sakit nyeri. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah dengan banyak biji bisa mengurangi rasa sakit baik sakit kepala ataupun nyeri akibat rematik dan sejenisnya. Dibandingkan obat tramadol dan hidrokortison, mengkudu memiliki manfaat lebih baik dalam menghilangkan nyeri.


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

   Mengkudu bisa mengaktifkan makrofag sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena membantu tubuh menghasilkan lebih banyak limfosit, tidak heran jika buah ini juga bermanfaat sebagai penangkal bakteri, virus, dan infeksi jahat. Zat antibakteri pada buah mengkudu disinyalir bahkan mampu melawan bakteri menular seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Memperbaiki Suasana Hati

   Mengkonsumsi buah mengkudu bisa membantu tubuh merangsang perbaikan hormon seratonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut sangat penting karena bersifat menjaga suasana hati, emosi dan tidur seseorang. Dengan konsumsi buah mengkudu, maka serotonin dan melatonin dalam tubuh bisa terjaga. Hal ini memungkinkan tubuh tetap rileks, nyaman, dan mengurangi depresi.

Anti-Tumor Dan Anti-Kanker

   Buah mengkudu merangsang oksida nitrat suatu zat yang berguna untuk mengurangi pertumbuhan tumor maupun sel kanker. Buah ini juga memiliki nutrisi berupa fitokimia dimana nutrisi ini baik dalam melawan tumor dan sel kanker.

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan


   Itulah beberapa manfaat sehat yang didapatkan dari buah mengkudu. Meskipun buah mengkudu tidak senikmat dan sesegar buah lainnya, manfaat dari buah ini sangatlah baik khususnya bagi kesehatan tubuh. Jika Anda tidak suka memakannya secara langsung. Untuk mendapatkan kenikmatan buah mengkudu, buatlah jus dari buah ini. Tambahkan madu murni untuk mendapatkan rasa manis dan aroma wangi. Tidak ada salahnya Anda mencoba hidup sehat dengan konsumsi buah mengkudu.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat