Bangun dan Sebelum Tidur Jangan Lupa Segelas Air Hangat Rasakan Berjuta Manfaatnya

BeritaKapan - Minum bukan sekedar memasukkan cairan ke dalam tubuh. Minum air dapat memiliki efek yang spesifik bagi tubuh terlebih air hangat. Banyaknya manfaat saat kita minum air hangat tidak mengharuskan untuk minum terus menerus. Saat suhu lingkungan tinggi, hindari minum air hangat karena dapat meningkatkan suhu tubuh dan metabolsime sehingga cukup menguras energi.

Manfaat minum air hangat dalam bidang kesehatan sangat banyak sekali. Air hangat yang baik adalah air yang tidak berwarna, berbau dan juga tidak berasa. Air murni dan hangat lebih baik untuk kesehatan dibandingkan dengan air yang sudah dicampurkan dengan gula. Air yang sehat adalah air hangat, murni, jernih dan tentunya sudah melalui proses pemasakan sehingga kuman dan bakteri di dalamnya sudah mati.

Bangun dan Sebelum Tidur Jangan Lupa Segelas Air Hangat Rasakan Berjuta Manfaatnya


Minum air setelah bangun tidur adalah metode hidup sehat yang telah terbukti untuk mengobati kelainan tubuh, gangguan menstruasi, dan penyakit terkait mata. Selain itu, Anda akan merasa segar kembali seharian setelah mengikuti perawatan air ini.

  1. Minumlah empat gelas air dengan takaran sekitar 160 ml air per gelas setelah bangun tidur, sebelum menyikat gigi dan dengan kondisi perut kosong.
  2. Jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya.
  3. Minumlah air 30 menit sebelum makan.
  4. Jika Anda tidak bisa minum empat gelas air pada saat perut kosong, maka Anda bisa memulainya dengan satu gelas atau sebanyak yang Anda butuhkan. Anda bisa secara bertahap meningkatkan asupan air sampai Anda mencapai tingkat yang diinginkan sebesar 640 ml.


Selain itu, minum air putih hangat saat bangun tidur di pagi hari dengan kondisi perut masih kosong memiliki tujuh manfaat yang baik bagi tubuh, tujuh manfaat tersebut diantaranya. Sumber: Kedahsayatan Terapi Detoks by: Dini Nuris Nuraini S.Si.

8 Manfaat Minum Air Setelah Bangun dan Sebelum Tidur


1. Mencegah penuaan dini

Keberadaan racun dalam tubuh bisa membuat penuaan lebih cepat menjadi kenyataan. Ketika tubuh kita menumpuk racun, ia menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan. Air hangat dalam hal ini bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, bisa membantu memperbaiki kondisi sel kulit yang bisa menyebabkan peningkatan elastisitas kulit Anda.

2. Mengurangi rasa sakit

Obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi adalah air hangat. Ini melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Selain itu, air hangat adalah obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu merilekskan otot-otot di tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Anda mungkin pernah mendengar, meminum air hangat saat pagi hari mampu menurunkan berat badan. Ternyata ini benar adanya. Air hangat meningkatkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya, meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Peningkatan aktivitas metabolik memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Air hangat dengan lemon juga mengendalikan keinginan untuk makan, karena lemon mengandung serat pektin.


4. Memperbaiki pencernaan

Segelas air hangat merangsang sistem pencernaan Anda dan membantu tubuh untuk lebih cepat mencerna makanan.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Segelas air hangat saat perut dalam kondisi kosong juga dipercaya bisa membuang toksin yang pada gilirannya membantu sirkulasi darah. Air hangat juga memberi efek rileks, membantu melonggarkan otot, menghilangkan sirkulasi yang buruk, dan melancarkan aliran darah.

6. Mengurangi sembelit

Banyak dari Anda telah mengalami efek konstipasi yang tidak nyaman dan menyebalkan. Masalah perut yang umum ini terjadi saat seseorang memiliki sedikit atau bahkan tidak ada pergerakan usus. Seringkali, penyebabnya adalah kekurangan air dalam tubuh. Sebelum Anda makan apapun, konsumsi segelas air hangat untuk membantu memperbaiki gerakan usus Anda, sehingga "urusan ke belakang" lebih lancar.

7. Mempercepat kantuk di malam hari

Mengonsumsi air hangat sesuah makan, terutama saat makan malam dan sebelum tidur, akan membantu tubuh rileks dan menenangkan saraf Anda. Ini bisa membantu menginduksi tidur.

Manfaat minum air hangat juga sangat penting dirasakan pada saat pagi hari, karena masih banyak yang mengantuk. Mengantuk tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor misalnya saja tidur yang tidak berkualitas, tidur terlalu larut malam dan bangun terlalu pagi. Untuk mengatasi rasa kantuk anda, minumlah air hangat. Usahakan sampai badan anda berkeringat. Dijamin, setelah anda berkeringat karena segelas air hangat. Kantuk anda pun segera hilang.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat