Cara Mengatur Literasi Keuangan Saat Kenaikan Harga

BeritaKapan - Di tengah pandemi memang kondisi disetiap masalah tentu ada, adakalanya saat yang tepat untuk mengatur keuangan. Berbicara soal keungan apalagi tentang literasi keuangan tentu tidaklah mudah. Selain itu juga menyoal kenaikan harga tentu kita akan lebih menaikan budget untuk pengeluaran. Setelah mengalami kenaikan tentu akan membawa efek lain yang seharusnya mengalami kenaikan harga dan melambung juga bertambahnya beban biaya hidup. Memang kenaikan harga tidak bisa dipungkiri melainkan tidak untuk cemas harus memotong biaya pengeluaran untuk kebutuhan seperti makanan, tempat tinggal dan akan kebutuhan listrik serta lain sebagainya. Untuk menopang agar mampu sesuai dengan kemampuan kita karena dari berapa pun dari penghasilan bila tidak dibarengi dengan siasat cerdas, dan dalam mengatur keuangan tentu akan sia-sia. Bila anda memiliki anggaran atau budget tentu dapat memberi manfaat untuk kesehatan fisik, mental dan emosional serta lainnya.

Ilustrasi Mengatur Keuangan Copyright Istockphoto


Pergunakanlah budget dengan literasi keuangan yang baik dan tentu itu bukanlah soal perkara mudah. Karena untuk kebutuhan pokok pun harus menyesuaikan dan tentu tidak sebanding dengan apa yang dipikirkan. Untuk itu menyeimbangkan seperti uang yang kita punya tentu harus sebisa mungkin agar tidak terjadi hal buruk. Seperti yang dilansir dari Forbes.com, Cara mengatur literasi keuangan ditengah atau saat kenaikan harga dapat dicoba. Seperti apa cara mengatur keuangannya? Langsung simak ulasan berikut.


1. Membuat, Menggunakan dan Membatasi Anggaran

Ilustrasi Buat Anggaran Copyright Shutterstock


Tidak sedikit orang yang membuat anggaran untuk pengeluaran. Mungkin saja dirasa tidaklah penting dan memanglah sulit untuk dilakukan. Sebagaimana jika berbelanja tanpa membatasi anggaran pengeluaran secara tidak sadar akan mengeluarkan lebih banyak uang. Tentu dengan hal sedemikian rupa memang sulit untuk dilakukan. Bila sulit untuk mengendalikan diri, memberi limit pada kartu kredit, akan membantu mengurangi beban pengeluaran serta menekan dompetmu agar tidak melebihi budget.

2. Prioritas Pembelian Secara Berurutan

Ilustrasi Berurutan Copyright Shutterstock


Pastikan berurutan dalam pembelian pada budget dan buat daftar pengeluaran seperti apa yang dibutuhkan. Begitu pula deretan atau daftar list yang tidak diperlukan. Oleh karena itu pembelian secara sistematis dapat diketahui anda sendiri. Hanya dengan mencatan beberapa keperluan akan memudahkanmu untuk memotong yang tidak diperlukan. Deretan note memang harus diawali prioritas dengan begitu uang yang dimiliki sesuai dengan dan dapat digunakan untuk keperluan yang sesuai kebutuhan.

3. Membuat Catatan Pengeluaran

Ilustrasi Catatan Copyright Shutterstock


Dengan mencatat pengeluaran setiap hari ternyata dapat membantu untuk menekan dompet atau pengeluaran yang tidak penting. Setiap orang suka berbelanja dari apapun keinginannya. Dengan membuat catatan pengeluaran dapat membantu dan mengetahui kemana uangmu akan pergi. Ini juga seperti yang dilansir The Balance, akan membantu untuk memangkas pengeluaran yang tak terduga. Apabila uang yang digunakan sedikit dari anggaran yang ditetapkan tentu sisa uang tersebut dapat ditabung, dapat digunakan untuk hiburan atau berinvestasi sesuai keinginan.

4. Stop Berlangganan dan Pangkas Biaya Yang Tak Perlu

Ilustrasi Stop Berlangganan Copyright Shutterstock


Kemungkinan besar tidak sedikit orang yang memiliki langganan dengan menggunakan berbagai aplikasi sekaligus. Karena salah satu diantaranya belum tentu digunakan. Jadi untuk stop dilakukan keputusan dari langganan yang tak diperlukan akan memangkan biaya bulanan. Dengan begitu pula sisa uang dapat ditabung atau digunakan untuk hal yang lebih penting.

5. Berbelanja Sesuai Kebutuhan

Ilustrasi Berbelanja Copyright Shutterstock


Membeli kebutuhan seperti makanan memang wajib masuk dalam deretan atau daftar prioritas pembelian. Selain itu juga berbelanja dngan senang hati tentu untuk menghemat budget ketika berbelanja kebutuhan makanan. Disarankan pula untuk berbelanja dipasar tradisional karena bisa jadi lebih murah dari pasar swalayan. Selain itu berbelanjalah yang banyak atau besar jika memang terdapat diskon atau potongan harga akan membantu menghemat pengeluaran. Beli item bermerek bisa diganti dengan item atau produk generik jika harga lebih rendah. Maka sesuaikan saja dengan kebutuhan.


Dengan demikian bukan hanya scroll dari atas saja, karena kenaikan harga dapat membuat pengeluaran rumah tangga akan membengkak. Dan budget semakin tidak terkendali. Untuk itu cara mengatur keuangan dengan baik yakni dengan cara terbaik agar uang dapat digunakan dengan cerdas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatur Literasi Keuangan Saat Kenaikan Harga"

Posting Komentar