Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

BeritaKapan - Buah pepaya selain memiliki daging dengan rasa manisnya yang dapat memberikan sensasi luar biasa tentu baik untuk kesehatan. Disamping itu pula kebaikan lain dari buah pepaya dan juga pada daunnya yang memiliki khasiat kesehatan serta banyak manfaat untuk tubuh yang luar biasa. Perlu anda ketahui bahwa manfaat luar biasa dari buah pepaya yakni berupa baik untuk kesehatan seperti menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan mata hingga mengurangi risiko kanker. Begitu pula dengan daunnya begitu banyak manfaat bagi kesehatan yang luar biasa. Daun pepaya seringkali dapat diolah dengan cara ditumis, dioseng atau dibuat menjadi gulai. Meskipun demikian daun pepaya yang diolah sedikit hadir dengan rasa pahit. Dibalik rasa yang sedikit pait memberikan manfaat luar biasa diantaranya mulai dari mengobati gejala demam berdarah dengue (DBD) hingga meringankan nyeri haid.

Ilustrasi Buah dan Daun Pepaya Copyright Shuttersock


Selain dapat mengobati salah satu gejala demam berdarah, terdapat juga manfaat lainnya. Seperti apakah manfaat dari daun pepaya untuk kesehatan yang luar biasa yang dapat kamu petik untuk kesehatan dan baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Langsung saja kita simak bersama manfaatnya.

1. Mengobati Gejala DBD

Daun pepaya memiliki manfaat kesehatan dapat mengobati gejala penyakit seperti DBD. Secara ilmiah dalam kandungan daun pepaya seperti yang dikutip dari Healthline.com, yaitu virus yang ditularkan nyamuk betina Aedes aegypti kemudian menyerang sistem peredaran darah manusia. DBD dapat menyebabkan gejala seperti flu, demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam kulit. APabila DBD tak kunung sembuh atau semakin parah, dapat mengakibatkan penurunan kadar trombosit dalam darah yang dapat meningkatkan risiko kehilangan darah atau perdarahan.

Ilustrasi Nyamuk DBD Copyright Shutterstock


Menurut pakar kesehatan dari ketiga penelitian pada manusia yang melibatkan beberapa ratus orang dengan demam berdarah menemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan meningkatkan kadar trombosit darah. Bahkan beberapa yang terjadi, dari memanfaatkan terapi daun pepaya memiliki efek samping yang sangat sedikit dan jauh lebih hemat biayanya dari pada perawatan secara konvensional.

2. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi Pencernaan Copyright Shutterstock



Daun pepaya yang dapat di ekstraksi dapat engurangi masalah pada kesehatan pencernaan. Selain menjadi terapi alternatif, berkat daun yang diekstraksi dapat mengurangi masalah gejala pencernaan yang tidak nyaman, seperti kembung, mulas, dan gas pada perut. Daun pepaya mengandung serat dan nutrisi yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan menjadi sehat dan memiliki senyawa unik bernama papain, yaitu enzim proteolitik yang baik juga untuk kesehatan pencernaan. 

Didalam daun pepanya mengandung senyawa papain, yang memiliki peran aktif serta manfaat untuk kesehatan diantaranya untuk memecah protein besar menjadi protein kecil dan memecah asam amino yang lebih kecil untuk lebih mudah dicerna. Sebuah studi telah menunjukkan dan menemukan bahwa penggunaan tambahan bubuk papain yang bersumber dari buah pepaya dapat mengurangi beberapa masalah seperti gangguan pencernaan, seperti sembelit dan mulas pada pengidap sindrom iritasi usus. Itu diantara manfaat luar biasa dari ekstrak daun pepaya untuk kesehatan pencernaan.

3. Baik Untuk Perawatan Rambut

Ilustrasi Rambut Kering Copyright Shutterstock



Ekstrak daun pepaya yang memiliki manfaat luar biasa untuk perawatan rambut alami. Seperti yang dilansir StyleCraze, dengan memanfaatkan ekstrak daun pepaya dapat diaplikasikan pada kulit kepala dapat menghilangkan minyak alami berlebih dan kotoran di akar rambut. Daun pepaya juga merupakan salah satu obat yang baik untuk menyembuhkan ketombe dan masalah kulit kepala gatal. Ekstrak daun pepaya mampu menyeimbangkan kelembapan dan minyak di kulit kepala, serta mengurangi rambut kering dan infeksi jamur yang dapat menyebabkan kebotakan dini. Sehingga dari memanfaatkan ektrasi daun pepaya dapat menjaga dan menjadi perawatan rambut alami.

4. Menutrisi Kulit dan Menjadi Glowing

Ilustrasi Menutrisi Kulit Wajah Copyright Shutterstock



Ekstrak daun pepaya yang dapat menutri kulit yang memang luar biasa. Perlu anda ketahui kandungan daun pepaya memiliki antioksidan yang tinggi, seperti saponin, flavonoid, tanin, dan alkaloid. Selain dapat menutrisi kulit dan tentu dapat merawat kulit wajah. Disamping itu tingginya kandungan antioksidan dan vitamin C dan A yang memiliki peran aktif dapat menangkal radikal bebas dalam darah, sehingga meningkatkan sirkulasinya melalui kulit. Dan yang terjadi pada kesehatan kulit dapat mempertahankan tekstur dan menjaga kilauannya agar tetap bersinar, sehingga tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, berjerawat, dan pigmentasi, semakin berkurang. Selebihnya dapat menutrisi kulit dengan baik dan tentu menjadikan salah satu perawatan kulit wajah menjadi glowing.

5. Mengobati Nyeri Haid

Ilustrasi Nyeri Haid Copyright Shutterstock



Satu lagi dari ekstraksi dari daun pepaya yang memiliki manfaat luar biasa dapat mengobati nyeri haid. Dengan hal ini menunjukkan membantu meringankan nyeri haid dengan mengurangi kontraksi rahim. Seperti yang dilansir Pharmeasy, kandungan enzim papain dalam daun pepaya dapat membantu melancarkan keluarnya darah dari rahim. Papain juga dapat meringankan gejala polycystic ovarian syndrom (PCOS), yaitu gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur. Jadi untuk meredakan sakit atau nyeri haid tentunya anda mengambil langkah untuk mengolah daun pepaya yang dapat dikonsumsi untuk meredakan nyeri pada haid yang di derita.


Ternyata kandungan didalam daun pepaya dapat diolah menjadi makanan dan dapat mencegah gangguan seperti halnya nyeri haid pada wanita. Untuk itu selain buah pepaya yang memiliki daging yang enak dan manis rasanya, tidak menutup kemungkinan ekstrak daun pepaya juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa"

Posting Komentar