Cara Agar Terbebas Dari Bau Mulut Saat Puasa

    BeritaKapan - Saat sedang menjalankan ibadah puasa, pasti kita sering mengalami yang namanya bau mulut. Karena bau mulut kita jadi jarang dekat-dekat sama orang kalau berbicara. Bau mulut terjadi karena tubuh kekurangan cairan, karena kekurangan cairan mulut akan menjadi kering dan akan mengeluarkan bau. Perlu diketahui bahwa bau mulut memang tidak bisa benar-benar hilang 100%, tapi dapat di minimalisir.Bau mulutnya orang berpuasa bagaikan minyak wangi kasturi dari surga,kata pak ustad ceramah tadi malem tarawih.



    Karena bau mulut, jangan buat diri Anda malas berbicara. Karena jika mulut terus tertutup, malah dapat mengumpulkan bakteri di dalamnya. Berikut ini  tindakan Cara Agar Terbebas Dari Bau Mulut Saat Puasa agar terhindari dari napas yang tidak sedap yang dikutip dari Beautylish.

1. Daunt Mint
    Saat sahur atau berbuka, kunyahlah makanan dengan bau khas seperti daun mint atau bisa juga kemangi. Selain itu dapat juga mengonsumi cengkeh, kayu manis dan biji kapulaga. Cara mengonsumsinya bisa dicampur dengan minuman Anda. Seperti dikutip Beautylish, bahan alami tersebut dapat mengusir aroma tidak sedap pada mulut. 

2. Teratur Sikat Gigi & Menyikat Lidah Saat setelah sahur atau berbuka
     Saat Anda baru bangun tidur, mulut pasti berbau, hal itu karena mulut kering dan sel-sel mati menumpuk. Sehingga, menggosok gigi merupakan hal yang pertama kali harus Anda lakukan setelah bangun tidur dan sebelum pergi tidur, untuk menghilangkan kuman yang berkembang di sekitar gigi, gusi dan jangan lupa untuk menyikat lidah. The Merck Manual Online Medical Library menuliskan bahwa dengan menyikat lidah menggunakan sikat gigi dan pasta gigi dapat mengurangi bau pada napas.

    Gunakan pasta gigi yang mengandung stannous fluorida atau zinc untuk memerangi mikroorganisme. Stannous fluorida dapat membuat gigi tahan dari bakteri. Sedangkan kandungan zinc dapat mengikat dan menetralisir senyawa sulfat yang menimbulkan bau mulut.

3. Yoghurt
    Dikutip MSN, penelitian terbaru menemukan, makan yoghurt setiap hari dapat mengurangi tingkat penyebab bau mulut. Hal ini karena yoghurt dapat menyingkirkan bakteri. Plak pada mulut serta penyakit gusi juga bisa berkurang. Sebaiknya, pastikan yoghurt yang dikonsumsi tidak memiliki rasa dan tanpa gula (plain yoghurt).

4. Makanan Kaya Vitamin C
     Jeruk, melon dan stroberi merupakan makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C akan membuat bakteri tidak hinggap di mulut. Vitamin ini juga bagus dikonsumsi agar terhindar dari penyakit gusi yang juga menjadi penyebab bau mulut.

5. Hindari Makan Bawang
     Bawang merupakan makanan yang dapat membuat napas menjadi berbau. Untuk itu hindarilah makan makanan yang terlau banyak menggunakan bawang putih, merah dan bombay saat sahur.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Cara Agar Terbebas Dari Bau Mulut Saat Puasa"