Manfaat Jahe Sebagai Obat Tradisional

    BeritaKapan - Sebentar lagi akan memasuki musih hujan, biasanya kalau cuaca mendung terus dingin butuh yang anget-anget. Ketika suhu dingin yang ada saat musim hujan seringkali membuat kita sedikit kewalahan. Apalagi, saat lupa memakai mantel maupun jaket tebal untuk menghangatkan diri. Sehingga, deman dan flu kerap kali dialami. 



   Sementara itu, untuk menghangatkan tubuh, kita biasanya mengonsumsi minuman dengan jahe. Perlu Anda ketahui, jahe yang dikenal sejak dulu mampu menghangatkan tubuh dan menurunkan berat badan, juga banyak memiliki manfaat lainnya, seperti yang dilansir oleh helathmeup.


1. Mengobati alergi alami


    Beberapa dari Anda mungkin ada yang sedikit sensitif dengan makanan tertentu. Dan, hal tersebut sering juga menimbulkan alergi. Jahe bermanfaat sebagai anti-alergi dikarenakan kandungan senyawa nonylaldehyde yang di mana berfungsi mengurangi rasa gatal akibat alergi yang muncul.

2. Obat rematik Alami



    Semakin bertambahnya usia, semakin banyak pula penyakit yang siap menyerang, seperti rematik. Untuk mengobati atau mencegahnya, Anda cukup membakar beberapa potong jahe di atas api panas atau bara sampai aroma khas yang ditimbulkan muncul. Kemudian ditumbuk sampai halus, lalu terakhir diaplikasikan pada area tubuh yang terkena rematik.

3. Menyembuhkan amandel



   Bagi Anda yang terkena radang tenggorokan karena amandel bisa menggunakan teh jahe maupun wedang jahe yang telah diseduh. Caranya cukup mudah. Hanya dengan merendam jahe yang dikeprak (tumbuk kasar) lalu tuang ke dalam air yang sebelumnya telah dididihkan.

4. Mengobati sinus dan masuk angin

    Hidung tersumbat dan masuk angin bisa diatasi dengan sedikit kombinasi antara lemon dan madu dalam seduhan air jahe hangat. Caranya mirip dengan poin nomor 3 di atas. Hanya saja cukup ditambahkan 2 sendok makan perasan jeruk lemon dan madu sesuai selera.

Jangan Lupa Share Ya