5 Tips Dapat Mencegah Batu Ginjal

    BeritaKapan - Salah satu penyebab penyakit Batu Ginjal  terbentuk ketika terdapat beberapa bahan kimia yang ada pada urine menumpuk dan membentuk kristal,sehingga membengkak karena seharusnya terbuang menjadi tersumbat lala-kelamaan mengkeras. Kebanyakan para ahli kesehatan menilai hal ini yang terdiri atas fosfor dan kalsium. Jika tak segera diketahui, kristal ini akan semakin membesar dan terasa sakit.Rasa sakit yang luar biasa akibat batu ginjal bisa sangat menyakitkan dan berbahaya. Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal sangat penting, begitu juga untuk mencegah terbentuknya batu ginjal dalam tubuh.Berikut 5 Tips Dapat Mencegah Batu Ginjal, seperti dilansir oleh Daily Health Post .

(C) pixabay

1.Air Putih dan Selada Dapat Mencegah Batu Ginjal


    Menurut hasil riset penelitian Annals of Internal Medicine yang menemukan bahwa rajin memperbanyak konsumsi air putih sebanyak 8 liter per hari,bisa menurunkan risiko batu ginjal.Bicara tentang Selada tak hanya memberikan banyak manfaat seperti vitamin, melainkan juga bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Selada mengandung 96 persen air yang bisa membantu memenuhi kebutuhan carian Anda. Seperti diketahui, kekurangan cairan adalah salah satu penyebab terbentuknya batu ginjal.


2.Jus Lemon Dapat Mencegah Batu Ginjal


    Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Urology menemukan bahwa mengonsumsi dua liter jus lemon sehari bisa meningkatkan sitrat dalam urine seseorang dan mencegah terbentuknya batu ginjal. Jus lemon kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, sitrat yang terkandung dalam jus lemon jauh lebih tinggi dibandingkan jus jeruk. Karena itu jus lemon sangat cocok untuk mencegah batu ginjal.


3.Daun Bungan Dedilion Dapat Mencegah Batu Ginjal

    Hasil Penelitian yang mengungkapkan bahwa kalsium yang ada dalam daun bunga dandelion bisa menurunkan resiko batu ginjal.



4.Jus Jeruk Dapat Mencegah Batu Ginjal

   Secangkir jus jeruk dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Penelitian yang diterbitkan di Clinical Journal of the American Society of Nephrology ini dilakukan pada 3 partisipan.Al hasil penelitian ini menemukan bahwa jus jeruk sangat bermanfaat untuk mencegah batu ginjal karena kandungan sitratnya yang sangat tinggi.


5.Lidah Buaya Dapat Mencegah Batu Ginjal

   Sebuah penelitian terbaru di Thailand yang dilakukan oleh peneliti di Khon Kaen University, Thailand, ini dilakukan pada 31 pria sehat berusia 18 sampai23 tahun.Dengan mengonsumsi 100 gram gel lidah buaya segar dua kali sehari selama tujuh hari yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal.




   Nah itulah 5 Tips Dapat Mencegah Batu Ginjal dan janganlah lupa pola hidup sehat dengan minum air putih 8 gelas sehari merupakan cara terbaik dan lebih sehat.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "5 Tips Dapat Mencegah Batu Ginjal"

Contact Form

Name

Email *

Message *