Cara Menghilangkan Bau Ketiak (Burket)

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Basah (Burket) . Masalah bau ketiak basah atau burket yang disebabkan oleh karena adanya keringat yang bercampur dengan bakteri dan juga sel kulit mati. Bau ketiak yang tidak sedap menimbulkan menurunnya rasa percaya diri. Hal ini disebabkan karena mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Selain akibat bercampurnya keringat dengan bakteri, penyebab lainnya dari bau ketiak ini adalah, karena makanan, hormon dan juga tidak seimbangnya pola diet yang diterapkan.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak (Burket) Cara Alami Menghilangkan Bau Ketiak
Cara Menghilangkan Bau Ketiak (Burket)


Ketiak basah atau burket sebenarnya hal wajar bila terjadi, apalagi bagi anak remaja yang mengalami masa puber. Namun jika terus dibiarkan tidak baik juga, selain membuat kita kehilangan rasa percaya diri tapi juga mengganggu orang di sekitar kita. Oleh karena itu simaklah pembahasan tips dibawah ini dengan seksama.


Keringat berlebih di ketiak disebabkan oleh berbagai hal, terutama hormon dan makanan. Mengatasinya juga tidak cukup hanya dengan memakai deodorant. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah ketiak basah dan mengeluarkan aroma tak sedap. Secara alami, ada beberapa bahan yang bisa membantu Anda, seperti dilansir Boldsky.com berikut ini.

Menghilangkan Bau Ketiak Basah

  • Selalu Menjaga Kebersihan Tubuh

Kebersihan tubuh harus dijaga dengan cara mandi 2 kali dalam sehari, mandi dipagi hari sebelum melakukan aktivitas dan mandi sore setelah beraktivitas seharian. Karena mandi bisa membantu membersihkan tubuh dari kotoran sehingga tubuh akan lebih bersih dan mencegah berkembangnya bakteri serta kuman yang menempel di tubuh. Mandi dapat mencegah dan menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau badan.

  • Kurangilah Asupan Makanan Bawang Merah Dan Bawang Putih

Bawang merupakan salah satu jenis bumbu yang biasanya banyak digunakan untuk memasak. Namun, jika kita mengonsumsi bawang putih atau bawang merah dengan berlebihan maka hal ini akan membuat kandungan belerang yang ada didalamnya akan dikeluarkan lewat pori-pori dalam bentuk keringat yang kurang sedap baunya.

  • Hindari Junk Food

Cara mengatasi bau ketiak adalah dengan menghindari jenis makanan cepat saji, makanan cepat saji akan membuat  tubuh anda berbau tidak sedap. Karena makanan junk food makanan yang rendah akan serat. Makanan junk food ini akan mengalami pembusukan didalam perut dan bisa membuat nafas serta aroma yang ada didalam tubuh menjadi kurang sedap.

  • Hati-Hati Pada Deodorant

Deodorant memang terbukti ampuh, banyak sekali jenisnya dari berbagai merk. Namun, apa yang terjadi bila kita tidak memakainya ? Ketiak basah atau burket akan kembali lagi. Jadi pada dasarnya obat deodorant hanya meredakan pada saat kita memakai saja. Jika kita tidak memaki lagi, justrus ketiak basah atau burket akan semakin parah.

Cara Alami Menghilangkan Bau Ketiak


Cuka apel
Cuka apel memiliki kandungan anti bakteri yang menyebabkan ketiak jadi mengeluarkan bau tak sedap ketika dalam kondisi basah dan lembab. Umumnya, di sanalah bakteri berkembang biak dan menyebabkan aroma tak sedap.

Anda bisa mengatasi aroma tak sedap dan meminimalisir jumlah keringat dengan menerapkan cuka apel 30 menit sebelum mandi. Gunakan kapas dan oleskan lembut pada area ketiak. Biarkan selama 30 menit, kemudian mandilah seperti biasa.

Kapur Sirih
Kapur sirih dapat membuat ketiak kita lembab dan harum, caranya kita oleskan pada ketiak secukupnya sebelum mandi, kemudian tunggu sekitar 10 menit, setelah itu kita bilas saat mandi. Lakukan 2 kali dalam seminggu, hentikan penggunaan apabila ketiak anda sudah tidak basah lagi.

Cuka Putih
Cuka putih dapat digunakan sebagai deodorant. Oleskan sedikit cuka putih pada ketiak sebelum mandi karena di percaya dapat menghilangkan bau badan.

Baking soda
Baking soda ini memiliki banyak sekali manfaat selain untuk membuat kue. Anda bisa mengatasi keringat berlebih dengan membuat pasta dari baking soda dan air. Pasta ini kemudian dioleskan pada ketiak dan dibiarkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin dan dalam jangka waktu beberapa lama, keringat bisa dikendalikan.

Apabila di upaya pertama membuat kulit jadi kering, Anda tak perlu khawatir, karena ini adalah reaksi yang wajar.

Tepung maizena
Siapa sangka bahwa tepung maizena bisa diterapkan sebagai bedak pada ketiak yang menyerap kelebihan keringat dan kelembaban, serta mencegah bau badan. Pastikan Anda tidak mengenakan pakaian berwarna gelap karena akan terlihat sangat jelas.

Jeruk lemon
Jeruk lemon dapat mengurangi kelembaban keringat, dan selain itu dapat membuat ketiak jadi lebih putih dan bersih. Aplikasikan sebelum mandi dan biarkan sejenak, kemudian mandi seperti biasa.

Itulah beberapa Cara Menghilangkan Bau Ketiak (Burket) yang bisa anda coba sendiri di rumah, tetaplah mengatur pola makan serta pola hidup bersih dan sehat, semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat