7 Buah Menghilangkan Radang Nyeri Sendi

BeritaKapan - Bekerja seharian membuat tubuh terasa lelah membuat anda harus segera beristirahat. Selain beristirahat yang cukup, anda juga di sarankan tidaklah lupa dengan mengkonsumsi buah sehat. Ada beberapa buah yang mengandung senyawa kimia untuk meredakan radang nyeri sendi. Secara biologis di dalam tubuh kita terdapat zat-zat penting, akibat dari pembakan setelah melakukan aktivitas maupun bekerja maka zat tersebut hilang. Oleh karena itu mengapa pentingnya mengkonsumsi buah?

7 Buah Menghilangkan Radang Nyeri Sendi
7 Buah Menghilangkan Radang Nyeri Sendi

   Bagi anda yang mengalami penderita rematik bisa meringankan rasa sakit pada radang sendi dengan mengonsumsi beberapa jenis buah- buahan. Buah-buahan bisa menjadi sumber penyakit dan obat alami bagi penyakit Anda, bila Anda tahu cara menggunakannya. Untuk itu jauhilah obat-obatal karena hanya bersifat sementara saja. Anda sedang mencoba untuk meringankan rasa sakit karena rematik? Berikut adalah buah-buahan yang baik untuk meringankan sakit rematik, seperti dilansir Boldsky.

7 Buah Menghilangkan Radang Nyeri Sendi


1. Alpukat

Alpukat merupakan sumber alami asam lemak tak jenuh rantai tunggal. Asam lemak ini dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Buah alpukat memang sangat baik bagi tubuh karena mengandung antioksidan dan antiinflamasi (radang). Aktivitas antiradang alpukat diperankan oleh antioksidan fitosterol dan asam lemak omega-3. Seperti kita ketahui pada artritis, proses peradangan merupakan mekanisme utama timbulnya berbagai gejala pembengkakan, kemerahan, dan nyeri akibat radang sendi.

Terdapat beberapa studi yang meneliti manfaat alpukat terhadap radang sendi. Alpukat tersebut digunakan dalam bentuk minyak, di mana beberapa suplemen menggunakan ekstrak alami dari minyak alpukat (sebanyak 1/3) dan minyak kacang kedelai (2/3). Ekstrak ini disebut sebagai ASU (Avocado Soybean Unsaponifiables). ASU diyakini dapat memperlambat progresivitas radang sendi bentuk osteoartritis.

Cara kerja ASU adalah dengan memblokir zat kimia yang berperan dalam proses peradangan, mencegah kerusakan sel yang melapisi sendi, serta membantu regenerasi jaringan ikat sendi.

ASU telah diteliti secara luas di Eropa, dan digunakan secara rutin untuk pengobatan osteoartritis. Pada sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Rheumatology tahun 2003, dilaporkan bahwa ASU menghambat kerusakan tulang rawan dan mendorong perbaikan jaringan. Studi metaanalisis tahun 2008 menemukan bahwa ASU memperbaiki gejala radang sendi pinggul dan lutut, serta dapat mengurangi penggunaan obat antiradang golongan NSAID.

Studi yang lebih besar dipublikasikan di British Medical Journal tahun 2013, yang menyebutkan bahwa ASU membantu mengurangi progresivitas radang sendi panggul dibandingkan dengan plasebo.

2. Nanas

Nanas merupakan buah khas daerah tropis terdapat banyak sekali di kabupaten Subang adalah tempatnya. Buah ini kaya akan bromelain, yang merupakan enzim yang dapat protein sangat baik dalam menurunkan peradangan dan membantu mengurangi nyeri karena osteoarthritis. Cara terbaik adalah untuk mengonsumsi nanas adalah antara waktu makan. Hal ini dikarenakan enzim akan digunakan untuk mencerna makanan Anda.

3. Jeruk 

Buah jeruk memiliki kandungan radikal bebas yang berperan dalam meringankan rasa sakit karena radang sendi. 

4. Apel 

Apel membantu meringankan rasa sakit karena radang sendi. Buah ini mengandung boron, yang merupakan mineral yang muncul untuk mengurangi risiko osteoarthritis.

5. Mangga

Buah khas kota Indramayu ini banyak di temui di supermarket dan pasar tentunya. Mangga dapat meringankan rasa sakit karena radang sendi. Mangga dikemas dengan antioksidan yang kuat dan vitamin C. 

6. Anggur 

Salah satu buah terbaik untuk meringankan rasa sakit karena arthritis adalah anggur. Anggur mengandung banyak protein yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi.

7. Pepaya 

Buah ini merupakan obat tradisional untuk menyembuhkan dan meringankan rasa sakit karena radang sendi. Pepaya mengandung antioksidan dan vitamin C yang baik untuk keluhan arthritis di kaki.


Itulah ke tujuh buah yang dapat menghilangkan radang nyeri sendi karena rematik. Jangan lupa konsumsi buah-buahan tersebut setelah atau sebelum makan agar nutrisi dalam tubuh kita tercukupi. Selain itu juga tidak mudah sakit dan gampang capek.

Jangan Lupa Share Ya