Mau Hidup Sehat Rajinlah Makan Buah dan Sayur Segar

BeritaKapan - Buah-buahan segar banyak kita jumpai di Indonesia terutama pasar tradisional. Di Indonesia berdasarkan ahli Gizi, agar badan tetap fit dan sehat telah disarankan untuk rajin mengkonsumsi makan buah-buahan dan sayuran setiap hari sebanyak 3 porsi/ harinya. Apabila mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah-buahan mengandung air dan serat tinggi. Kedua hal tersebut merupakan mineral penting yang dibutuhkan seseorang jika ingin memiliki pencernaan yang lancar. Namun sebaiknya buah dinikmati dalam bentuk utuh agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga dan dirasakan oleh tubuh secara maksimal.

(Pixabay)


Manfaat buah untuk kesehatan solusi penting dengan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah, tubuh kita akan menambah kebutuhan vitamin, serat, dan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah juga dapat menjadi antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh kita.

Selain itu bila kita rajin mengkonsumsi buah dan saruan, sudah tidaklah heran jika mereka memiliki sistem imun yang kuat. Manfaatnya, mereka tidak gampang terserang penyakit. Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa buah-buahan dan sayuran itu mengandung senyawa penting yang mampu menangkal kanker dan penyakit mematikan lainnya seperti yang dipaparkan oleh Wellness Workdays.

Mau Hidup Sehat Rajinlah Makan Buah dan Sayur Segar


1. Terong Belanda

Tahukah kamu satu buah terong belanda adalah kaya akan vitamin seperti vitamin C, E dan vitamin A. Terlebih kandungan antioksidan dan sumber vitamin B kompleks seperti niasin, tiamin, dan riboflavin. Kandungan nutrisi lain dalam terong belanda adalah karbohidrat, protein, lemak, kalsium, potassium dan sodium. Lalu, tidak luput juga dari kandungan mineral seperti fosfor, mangan, magnesium, tembaga, seng dan besi. Buah ini, diperkaya dengan banyak nutrisi sehingga bisa membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

2. Alpukat

Kandungan alpukat atau avokad yang sejauh ini telah diketahui adalah potasium, lutein, dan folat. Aneka vitamin seperti vitamin B, C, E dan lainnya juga terdapat dalam buah yang biasa dijadikan minuman jus ini. Kelebihan lainnya adalah rendah akan kandungan gula, namun kaya akan serat. Walaupun buah ini tinggi lemak, namun tetap aman bila dikonsumsi secara tidak berlebihan karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal.

3. Apel

Apel kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat, dan nutrisi bermanfaat lainnya. Dimakan langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad buah, manfaat apel sudah tak perlu diragukan lagi.

4. Buah Pisang

Begitu banyak  kebaikan yang terkandung di dalam sebuah pisang, tapi yang paling dominan adalah vitamin B6. Zat-zat lain yang bisa Anda peroleh dari pisang, antara lain mangan, vitamin C, serat, potasium dan magnesium.

5. Buah Naga

Kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi dalam buah naga membantubuh dalam produksi kalsium untuk tulang, sedangkan zat besi ini membantu darah mengikat oksigen dalam darah. Sehingga kesehatan dan stamina anda akan lebih kuat ketika anda mengkonsumsi buah berwarna merah tua dan ptuih ini. 


Itulah beberapa manfaat dari apabila kita rajin mengkonsumsi buah dan sayuran, mulai dari sekarang hingga nanti jadikanlah kebiasaan setiap harinya, akan lebih baik jika hidup sehat jasmani serta rohani.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat