6 Manfaat Kesehatan Jus Seledri dan Resepnya

BeritaKapan - Ada banyak minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu minuman yang sehat adalah jus seledri. Mungkin saja dari sekian banyak orang seledri sebagai bahan tambahan makanan seperti bakso, sup dan gorengan saja. Selain itu ada beberapa manfaat kesehatan yang anda dapatkan dari segelas jus seledri, khasiat jus seledri juga dipengaruhi oleh kandungan kalium, folat, kolin, vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin E, dan fluoride alami.

Ilustrasi Seledri Copyright Rawpixel

Seperti yang dikutip Medicalnewstoday.com, jus pada seledri merupakan minuman yang rendah kalori. Selain itu juga dapat dimanfaatkan dari seledri sebagai pengganti minuman olahraga para atlet sebelum latihan. Ditambah lagi khasiat seledri terbukti dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh saat olahraga. Nah manfaat apasajakah dari seledri dibuat jus ? Simak ulasan berikut ini:


1. Menurunkan Resiko Kanker

Jus seledri mengandung senyawa yang disebut apigenin, ini barmanfaat sebagai sifat kesehatan antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antioksidan. Menurut penelitian juga telah menyebutkan bahwa senyawa apigenin dapat berkontribusi pada apoptosis, sejenis kematian sel terprogram yang dapat bermanfaat sebagai pengobatan kanker alami. Selain itu terdapat senyawa flavonoid yang disebut luteolin, ini bermanfaat juga sebagai sifat anti kanker. Senyawa tersebut juga dapat mencegah penyebaran sel kanker dan menyebabkan kematian sel.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kedua yang didapatkan dari segelas jus seledri adalah dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena seledri mengandung senyawa fitokimia yang berguna untuk memperbaiki kerja dinding arteri untuk mengendalikan tekanan darah. Menurut penelitian tersebut sehingga apabila mengkonsumsi jus seledri tekanan darah akan menurun serta menjadi lebih terkontrol.

3. Menurunkan Risiko Hiperlipidemia

Hiperlipidemia merupakan salah satu penyakit dimana kondisi yang mengacu pada peningkatan molekul lemak dalam darah. Sering kali kondisi ini tidak memiliki gejala, tetapi bisa meningkatkan risiko penyakit jangka panjang seperti stroke dan penyakit jantung. Selain itu hasil ekstrak seledri dapat mengurangi kadar low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat pada tubuh. Meskipun demikian setelah penelitian pada tikus, mengkonsumsi makanan tinggi lemak.

4. Mencegah Neurogenesis 

Neurogenesis adalah proses produksi sel-sel sistem saraf neuron oleh sel-sel puncak saraf. Kandungan apigenin yang ada di dalamnya dapat merangsang neurogenesis. Sebuah penelitian yang mengungkapkan akibat pemberian senyawa apigenin dapat merangsang regenerasi sel saraf dan meningkatkan kemampuan daya ingat.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Segelas jus seledri dapat bermanfaat mampu menjaga kesehatan tulang. Hal ini dapat dibuktikan untuk memenuhi vitan K dan D untuk tulang agar tetap kuat. 

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari jus seledri sangat membantu untuk penurunan berat badan. Karena kandungan serat yang cukup tinggi pada seledri, yang juga dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Studi mengatakan bahwa serat yang baik dalam diet dapat menunjang menjadi komponen penting dalam penurunan berat badan.


Resep dan Cara Membuat Jus Seledri




Untuk membuat jus seledri bisa anda coba dengan resep berikut:

Alat dan Bahan: 

  • Pisau. 
  • Talenan. 
  • Blender. 
  • Gelas. 
  • 1-2 ikat seledri. 
  • 1 buah nanas kecil. 
  • 1/2 biji jeruk nipis. 
  • 150-200 ml air matang. 

Cara Membuat:

  • Cuci bersih seledri, nanas, dan jeruk nipis. 
  • Potong batang pangkal batang dan daunnya. 
  • Setelah dipotong-potong masukan ke blender. 
  • Setelah memasukan semua seledri ke blender berikan air perasan jeruk nipis, potongan nanas, dan air secukupnya. 
  • Blender semua bahan tersebut hingga halus. 
  • Sebelum dituang ke dalam gelas, Anda harus menggunakan penyaring terlebih dahulu.
  • Jus seledri siap dihidangkan.

Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa share yang bermanfaat

0 Response to "6 Manfaat Kesehatan Jus Seledri dan Resepnya"

Posting Komentar