Fakta Etilen Glikol Mulai Dari Fungsi dan Bahayanya

BeritaKapan - Mengenai kabar kesehatan yang cukup mencuat dari daftar obat sirup yang telah ditarik menurut peredarannya. Oleh karena itu mengenal lebih dalam dari etilen glikol atau ethylene glycol salah satu zat kimia yang dapat berbahaya apabila digunakan dengan cara berlebihan dan tidak tepat. Mengenai lebih lanjut akan zat kimia tersebut yang terdapat dalam obat sirup yang dapat menyebabkan gejala keracunan hingga penyakit gagal ginjal akut. Akibat penggunaan atau pun cara yang tidak tepat menjadikan salah satu penyebab beberapa masalah kesehatan. Sehingga jika melebihi ambang batas  maka penjualan atau peredaran obat tersebut ditarik oleh badan POM terkait. Selain itu juga zat kimia tersebut berasal dari senyawa etilen. Pada kesempatan kali ini juga etilen glikol merupakan anggota keluarga dari glikol (alkohol) seperti yang dijelaskan di dalam laman situs Britannica. Dalam situs tersebut juga telah menyebutkan jika zat kimia yang satu ini apabila dikonsumsi tidak dalam batas aman maka akan menyebabkan keracunan.

Ilustrasi Etilen Glikol Fungi dan Bahayanya Copyright Shutterstock

Akibat masalah gangguan pencernaan hingga gangguan gagal ginjal akut, kebanyakan para ibunda yang memiliki balita tentu merasa was-was ketika mengkonsumsi obat sirup untuk anaknya. Nah kendati demikian tak perlu risau jika anak ibunda jatuh sakit tentu memeriksanya ke dokter atau pun tenaga kesehatan pada umumnya. Sesuai dengan resepnya tentu jangan sungkan untuk menanyakan akan resep obat yang telah diberikan sesuai batas penggunaan dan ambang secara amannya. 

Ilustrasi Obat Sirup Copyright Shutterstock

Untuk saat ini menurut lansiran laman situs ChemicalSafetyFacts dan AmericanChermistry, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang fungsi etilen glikol. Zat kimia tersebut memiliki fungsi sebagai berikut beberapa di antaranya: 

Fungsi Etilen Glikol

  1. Bahan resin plastik poly-ethylene terephthalate (PET) untuk pembuatan wadah minuman seperti soda, minuman manis, jus, dll 
  2. Bahan serat poliester untuk pakaian 
  3. Pelapis karpet 
  4. Bahan pembuatan bantal 
  5. Pembuatan fiberglass untuk produk seperti jet ski, bak mandi, bola bowling, dll 
  6. Campuran tinta untuk pulpen agar tidak menguap dan mengendap 
  7. Cairan penahan panas untuk pendingin kompresor gas, pemanas, pendingin udara, sampai yang sifatnya masif seperti area seluncur es 
  8. Bahan cairan pendingin mesin mobil agar tidak terlalu panas atau dingin 
  9. Bahan penghilang lapisan es untuk mobil, kapal, pesawat, sampai landasan pacu 
  10. Bahan minyak rem hidrolik


Bahaya Etilen Glikol


Zat kimia yang sempat menjadi trending akibat dosis terkandung didalamnya melebihi batas ambang sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan dan terjadi kasus kematian pada anak yang gagal ginjal akut akibat mengkonsumsi obat tersebut. Seperti sekarang ini tepatnya anda dan kita semua mencari tau akan bahayanya zat etilen glikol jika dikonsumsi melebihi ambang batas. Seperti yang dilansir dari NationalLibraryofMedicine, sebenarnya etilen glikol memiliki tingkat toksisitas atau keracunan yang rendah. 

Namun itu semua perlu dipahami dengan seksama, begitu zat ini terserap didalam tubuh, metabolit etilen glikol bisa merusak berbagai jaringan tubuh, terutama ginjal. Hal itu disebabkan, metabolit zat ini bisa membentuk kristal yang merusak organ tubuh. 

Selain ginjal, terdapat organ lain yang bisa terdampak dari zat kimia bernama etilen glikol yakni otak, hati atau liver, dan paru-paru. Akibat keracunan etilen glikol bisa menyebabkan gangguan metabolisme yang dikenal dengan asodosis metabolik. Dalam kondisi yang cukup parah, penderita bisa mengalami syok berat, gagal organ, sampai kematian. 

Jika masalah kesehatan ini segera ditanggulangi dengan antidot, kerusakan organ sampai kematian akibat keracunan etilen glikol bisa ditanggulangi.


Nah itulah beberapa penjelasan akan fungsi dan bahayanya dari zat kimia bernama Etilen Glikol. Karena penulis juga sebagai orang awam tentang obat atau pun jenis sirup, maka untuk saat ini ikut serta mencari tau fakta yang sebenarnya mengenal lebih dekat dengan zat kimia bernama Etilen Glikol tersebut. Oleh karena itu pula selain dapat bermanfaat dan juga memberikan informasi yang faktual terhadap orang awam yang belum mengerti akan fungsi dan bahayanya zat kimia tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Etilen Glikol Mulai Dari Fungsi dan Bahayanya"

Posting Komentar