Pentingnya Belajar Kecerdasan Spiritual SQ

BeritaKapan - Belajar sejak dini mungkin itulah yang terjadi pada diri kita. Sebelumnya dimasa anak-anak tentu tidaklah luput dari yang namanya belajar dan bermain. Bermain mungkin akan juga belajar mengenal lebih dan juga mencari suatu hal baru agar dapat merubah menjadi lebih cerdas mulai sekarang hingga nanti. Dengan kecerdasan secara spiritual SQ anak yang memang perlu di asah juga, dan perlu juga dipertimbangkan sebagaimana kita manusia sejati berasal dari manakan kita ini. Kecerdasan secara spiritual menurut para ahli, yakni merupakan kecerdasan yang di dapatkan dari kreatifitas emosional yang berpusat di dalam jiwa seseorang. Maka dari itu besar sekali dan pentingnya untuk belajar kecerdasan spiritual berdasarkan nilai kegiatan positif yang ada dilingkungan dan agama yang benar.

Pentingnya Belajar Kecerdasan Spiritual SQ



Kecerdasan spritual merupakan kecerdasan qalbu yang berhubungan dengan kualitas batin seorang anak itu sendiri. Selain itu juga SQ yang bisa juga disebut juga dengan munculnya rasa dari dalam diri seorang anak yakni rohani yang mengambil titik fokus pada sang penciptanya. Mengenai kecerdasan intelektual bukan jaminan untuk memperoleh kualitas iman atau kualitas spiritual yang lebih baik, ini sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 


Salah satu proses pembelajaran anak dalam kecerdasan spiritual SQ dalam pendidikan islam contohnya yakni agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan seperti contohnya mengaji, pengembangan kepribadian moral, akhlak mulia, serta keterampilan, hidup dalam bermasyarakat, berbangsa dan negara. Dalam dunia pendidikan pun mengenai kecerdasan spiritual SQ, di tekankan sejak dini mungkin untuk rajin beribadah dan ngaji serta belajar dengan giat, menolong orang lain, patuh kepada orangtua, taat kepada guru, hormat kepada orang dewasa, dan lain sebagainya. Karena setiap pribadi anak memiliki potensi bakat dan talenta dalam dirinya. Hingga saat ini seberapa pentingnya mengenai tugas pendidikan yang sejati adalah membantu siswa atau pun seorang anak untuk menemukan dan mengembangkan seoptimal mungkin. 


Kecerdasan spiritual memang harus di didik yang baik dan benar, Anda akan lebih mampu menghadapi berbagai persoalan yang Anda alami. Seorang anak juga memiliki tekad yang baik untuk impian terhadap cita-citanya, memiliki rasa tinggi semangat, penuh keyakinan, dan memiliki kepribadian yang positif dan dan menjadikan pribadi yang jujur. Terutama beribadah dalam agama yang benar. Melakukan kegiatan seperti bekerja misalnya dengan mengetahui prinsip mana benar-salah, berjalan di jalur yang benar dan menghindari jalan yang salah dan juga jangan sampai merugikan orang lain. Maka dari itulah meminta maaf bila bersalah dan memaafkan orang lain atas kesalahan yang telah dilakukan.


Setiap anak tentuya dengan memiliki kecerdasan spiritual yang berbeda, baik mampu bersikap tenang dan mengambil suatu keputusan. Dengan hal ini dalam suatu tindakan memang harus berani mengambil risiko karena kesabaran dan keteguhan hati yang diiringi kepercayaan agama dan terutama kepada Tuhan-nya. Ada pun cara yang baik bagi seorang anak melalui pendidikan dengan meningkatkan pemahaman terhadap ajaran agama yang benar. Setiap orang pastinya untuk melakukan perenungan terhadap berbagai peristiwa kehidupan. Tentunya memiliki tujuan hidup terhadap cita-cita yang dimilikinya. Dengan hal ini dalam sekolah pun misalnya seorang anak diajarkan dengan sikap saling menghormati akan menumbuhkan kasih sayang, meningkatkan kepekaan terhadap intuisi, serta bermain dengan temannya dengan sikap rendah hati. (Adv)

0 Response to "Pentingnya Belajar Kecerdasan Spiritual SQ"