7 Cara Obati Sariawan Di Mulut Secara Alami

BeritaKapan - Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang harus segera mungkin diatasi. Pengobatan sariawan dapat anda lakukan dengan berbagai cara alami seperti ulasan kali ini. Sariawan seringkali terjadi menyerang pada bagian mulut dalam seperti bibir dan gusi hingga langit-langit pada mulut. Walaupun relatif kecil namun sariawan sangat mengganggu aktivitas keseharian anda. Penyakit sariawan dapat menimbulkan rasa perih dan rasa tidak nyaman, sehingga kerap sekali menjadi pemicu penyakit ringan. Adapu pengobatan sariawan dimulut terdapat cara alami yang menggunakan bahan ala rumahan.


Ilustrasi Mengobati Sariawan Copyright Rawpixel



7 Cara Obati Sariawan Di Mulut Secara Alami


Penyakit sariawan bila dalam kondisi parah sekalipun perlu melakukan tindakan atau perlu meminta resep dari dokter untuk mengempiskan bengkak, menyembuhkan luka, sekaligus meredakan rasa sakitnya. Seperti yang dilansir dari Healthline.com, penyebab paling umum sariawan yaitu pertumbuhan infeksi jamur berlebih dari jenis jamur Candida albicans. Oleh karenanya jamur tersebut merupakan penyebab utama terjadinya penyakit sariawan. Nah untuk pengobatan penyakit sariawan dimulut dapat secara alami tanpa perlu menggunakan bahan ekstrim. 

1. Minum Yoghurt

Ilustrasi Yoghurt Copyright Rawpixel


Salah satu cara mengobati penyakit sariawan secara alami yakni dengan minum yoghurt. Tahukah anda dengan minum yoghurt saja dapat mengurangi jamur tersebut. Yoghurt merupakan minuman probiotik dengan kandungan kultur bakteri baik yang sangat bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan jamur C. albicans secara berlebih didalam mulut. Ketika anda mengalami masalah penyakit seperti sariawan, Anda cukup rutin mengonsumsi yoghurt setiap hari supaya bakteri baik tersebut kembali.

2. Berkumur Dengan Air Garam

Ilustrasi Garam Copyright Castorly Stock


Dengan berkumur dan memberikan sedikit garam dapat mengobati penyakit sariawan secara alami. Perlu anda ketahui bahwa garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menenangkan, sehingga dijadikan obat rumahan paling efektif untuk mengatasi berbagai masalah mulut. Dengan berkumur dengan air garam tersebut dapat mengobati dan mencegah penyakit parah sariawan.

3.  Minyak Cengkih

Minyak cengkih  sebagai salah satu cara mengobati penyakit sariawan secara alami. Karena bersifat antiseptik berkumur dengan minyak cengkih dalam kondisi hangat tentu dapat mengobati penyakit sariawan yang anda derita. Untuk menghilangkan rasa kebas pada mulut karena minyak cengkeh, cukup dengan kumur lagi dengan air hangat biasa untuk menghilangkan rasa kebas di mulut.

4. Minum Jus Lemon

Ilustrasi Lemon Copyright Rawpixel



Dengan meminum jus lemon dalam kondisi hangat maupun dingin, dapat secara alami mengobati penyakit sariawan. Selain minum air lemon tanpa gula, menurut  pakar kesehatan yakni secangkir jus lemon sebagai antiseptik dan antijamur yang ampuh melawan jamur atau bakteri penyebab sariawan. Menurut penelitian lain dengan meminum jus lemon menjadi obat sariawan cukup efektif jika dibanding gentian violet karena berisiko menyebabkan kanker.

5. Berkumur Lagi dengan Kunyit

Mengobati penyakit dengan rimpang kunyit memang sudah tidak asing lagi. Karena kunyit mengandung zat kurkumin dan atsiri yang dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi. Untuk menyembuhkan sariawan, kunyit bisa jadikan minuman hangat lalu pakai berkumur hingga beberapa detik dan lakukan sesuai kebutuhan sampai kondisi sariawan anda terasa membaik.

6. Asupan Vitamin C

Sariawan salah satu penyebabnya kurang vitamin C itu juga bisa terjadi. Vitamin C atau asam askorbat berfungsi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mendorong produksi sel darah putih untuk melindungi tubuh Anda dari infeksi. Ketika anda sedang mengalami sariawan, Anda perlu meningkatkan asupan harian dalam bentuk suplemen atau makanan buah dan sayur tinggi vitamin C untuk mempercepat penyembuhan luka akibat sariawan tersebut. Ini buah mengandung vitamin c tinggi.

7. Cuka Sari Apel

Ilustrasi. Cara mengobati sariawan dengan cuka sari apel Copyright Rawpixel



Cara mengobati sariawan secara alami dengan cuka sari apel. Selain bersifat antiseptik cuka apel bersifat anti jamur terhadap C. albicans. Cara membuatnya, cukup campurkan 1 sdm cuka apel ke dalam segelas air hangat, kemudian kumur selama 15 detik dan lakukan proses minimal 2 kali sehari sampai luka sariawan hingga membaik.


Nah cukup mudah bukan cara mengobati sariawan secara alami, cara tersebut dapat anda lakukan dan dicoba dengan sendirinya. Karena mengobati secara alami dapat mencegah dan terjadinya luka parah yang menyebabkan mulut anda merasa tidak nyaman ketika mengkonsumsi makanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Obati Sariawan Di Mulut Secara Alami"

Posting Komentar