Manfaat Bunga Sedap Malam Untuk Kesehatan

BeritaKapan - Bunga sedap malam atau lebih dikenal dengan sebutan Polianthes Tuberosa, bunga ini memiliki aroma tersendiri dan juga memiliki aroma wangi yang semerbak. Disamping itu pula bunga sedap malam meski populer dan dapat tumbuh berkembang biak di Indonesia khususnya di daerah Jawatimur. Dibalik aroma wangi yang menjadikan ciri khasnya, bunga sedap malam juga ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan lainnya yang tersembunyi. Bunga sedap malam seringkali dijadikan sebagai bahan parfum karena aroma wanginya dan juga sebagai digunakan pengharum ruangan. Selain dibalik aromanya yang wangi, bunga sedap malam juga dapat diolah sebagai tambahan bahan masakan. Bahan makanan seperti yang dapat dijumpai misalnya sup bunga sedap malam, cap cay, sup kimlo, dan masih banyak lagi.

Bunga Sedap Malam Images Courtesy fragrantica.com


Manfaat Bunga Sedap Malam Untuk Kesehatan


Manfaat bagi kesehatan lainnya dari bunga sedap malam yang jarang anda ketahui diantaranya dibuat minyak esential oil. Ternyata minyak esential oil tersebut memiliki beragam manfaat kesehatan. Selain itu juga bunga sedap malam yang dialih fungsikan menjadi bahan parfum karena aroma wanginya yang juga bermanfaat bagi kesehatan salah satunya untuk meredakan stres  berlebih. Nah apa saja dari kedelapa manfaat kesehatan lainnya dari bunga sedap malam tersebut? Mari kita simak bersama ulasan dibawah ini.

1. Meredakan Stres

Seperti yang kita ketahui bunga sedap malam yang dimanfaatkan menjadi bahan parfum dan minyak esential oil. Selain itu juga menurut lansiran laman Healthbebefittimes.com, bunga sedap malam apabila ditambahkan dengan bahan kimia lain minyak esential oilnya dapat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya dapat memberikan efek relaksasi terhadap beberapa bagian tubuh, seperti otak, saraf, dan otot.

Manfaat yang tersembunyi lainnya dari bunga sedap malam adalah tersebut akan membantu meredakan stres, ketegangan, kecemasan, depresi, rasa marah, masalah saraf, kejang, kram, batuk-batuk, dan diare.

2. Melawan Radikal Bebas

Manfaat kesehatan yang kedua yakni dapat membantu mengatasi radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh. Bunga sedap malam seperti baru-baru ini dapat diketahui dengan mengandung antioksidan yang memiliki atau berperan penting dalam memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan akan menghambat pembentukan radikal bebas sehingga dapat mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.  Adapun manfaat lainnya seperti mencegah terjadinya kanker.

3. Meningkatkan Sirkuliasi Darah

Selain memiliki aroma wangi, ternyata manfaat kesehatan lainnya dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Manfaat bunga sedap malam yang baru diketahui adalah dengan kandungan polifenol di dalamnya. Senyawa tersebut dapat memecah pati menjadi gula sederhana sehingga dapat menurunkan kemungkinan gula darah naik. Baru sekarang ini diketahui pula senyawa polifenol yang dapat merangsang sekresi insulin, Insulin merupakan hormon yang membantu pemindahan gula dari aliran darah ke seluruh sel dan memiliki atau berperan penting dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Minyak esential oil yang berguna untuk menjaga kesehatan dari saluran pernapasan. Selain itu memberikan efek lain yang dapat menghangatkan dan juga peran penting juga dapat membantu mencegah pengendapan dahak dan radang selaput lendir.

5. Mengandung Vitamin C Yang Baik

Bunga sedap malam selain beraroma wangi, juga mengandung tinggi vitamin c. Vitamin C berguna dalam pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, dan pengoptimalan sistem imun tubuh.

6. Menjaga Kecantikan Kulit

Bunga sedap malam terutama disukai oleh banyak wanita, ini dikarenakan beragam manfat untuk kecantikan kulit. Manfaat diantaranya dengan minyak esential oil dengan cukup anda lakukan mulai dari Pijat kulit menggunakan larutan yang terbuat dari beberapa tetes minyak sedap malam dan air hangat. Ini akan membantu mengunci kelembapan kulit sekaligus merawat keremajaan kulit. Manfaat lain dari minyak tersebut adalah dapat membantu mengatasi tumit kering dan pecah-pecah.

7. Mencegah Peradangan

Minyak esential oil memiliki peran penting dari bunga sedap malam tersebut, polifenol yang dapat bekerja dengan baik dapat membantu mencegah peradangan dengan sistem saraf dan sistem pernapasan.

8. Meredakan Rasa Mual

Minyak esentialnya dapat meredakan rasa mual berlebih. Adapaun jika mengalami masalah dengan menggunakan esential oil bunga sedap malam, penggunaan bunga sedap malam kemungkinan bisa menyebabkan alergi. Jika mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter.


Itulah beberapa manfaat bunga sedap malam untuk kesehatan yang perlu anda coba minyak esentialnya. Selain bermanfaat bagi kesehatan, tidak ada salahnya untuk menjaga kulit diantara para wanita menggunakan treatment bunga sedap malam tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Bunga Sedap Malam Untuk Kesehatan"

Posting Komentar