5 Makanan Sehat Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

BeritaKapan - Sumber makanan sehat yang mengandung karbohidrat tinggi adalah beras. Beras yang diolah atau dimasak secara sedemikian rupa, tentunya menjadi salah satu makanan sehat. Selain itu peran beras di seluruh dunia merupakan bahan makanan pokok yang memiliki karbohidrat tinggi tentu sehat dan murah. Beras yang telah menjadi nasi sehabis dimasak yang merupakan sumber karbohidrat utama yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu manfaat beras kali ini dapat meningkatkan energi dan membuat seseorang lebih kenyang. Maka dari itu ada beberapa makanan lain yang sehat juga sebagai pengganti nasi.

Ilustrasi Makanan Sehat Copyright Rawpixel


Seperti yang dilansir Medicalnewstoday.com, ada beberapa makanan sehat yang juga mengandung karbohidrat. Selain memiliki nilai gizi dan dengan harga terjangkau serta rasa enak yang dapat dibuat dirumah sendiri. Berikut ini beberapa dari kelima diantaranya makanan sehat pengganti nasi, simak ulasan berikut ini.

1. Kentang

Ilustrasi Kentang Copyright Rawpixel


Salah satu makanan sehat yang juga mengandung karbohidrat yang baik bagi tubuh serta membuat perut lebih kenyang tahan lama. Kandungan nutrisi pada kentang terdapat vitamin B6, B1, B3, dan B5 baik untuk kesehatan tubuh. Sifat lain yang dimiliki oleh kentang yang mudah diolah sebagai makanan sehat lainnya, membuat makanan ini cukup populer sebagai pengganti nasi yang enak dan rendah kalori.

2. Roti

Ilustrasi Roti Tawar Copyright Shutterstock

Roti menjadi pengganti nasi dari pilihan kedua. Bila anda sedang diet disarankkan pula untuk mengkonsumsi roti gandum utuh sebagai makanan berat. Serat yang baik pada roti juga oat dapat memperbaiki sistem pencernaan dan juga mengontrol berat badan.

3. Biji Gandum

Biji gandung atau quinoa sebagai pengganti nasi yang juga berkarbohidrat yang baik bagi tubuh. Selain memiliki tekstur yang renya ini seringkali dijadikan bahan nasi goreng. Apabila diolah makanan ini akan terasa unik dan menjadi sajian lezat karena memiliki tekstur yang berasal dari quinoa.

4. Gandum

Ilustrasi Gandum Copyright Shutterstock


Gandum sebagai pengganti nasi yang keempat, ini dikarenakan sehat karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Ada varian oat yang mengandung serat tinggi, yaitu beta-glucan oats. Menurut penelitian oat menjadikan sumber protein, apabila dikosumsi secara rutin oat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Makan oat juga bisa menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu oat sangat berperan untuk mengenyangkan perut anda sehingga cocok untuk diet.

5. Pisang

Ilustrasi Buah Pisang Copyright Shutterstock


Buah pisang memiliki rasa manis dan enak. Tentu nutrisi penting yang ada didalamnya, seperti satu buah pisang besar (136 gram) mengandung bekisar 31 gram karbohidrat, ini sangat baik dalam bentuk pati maupun gula (20). Buah Pisang juga tinggi akan kandungan potasium, vitamin B6, vitamin C, dan mengandung beberapa senyawa nabati lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Berkat kandungan potasiumnya yang tinggi, pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Makanan Sehat Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi"

Posting Komentar